Diberdayakan oleh Blogger.

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Facebook Fans Page

Tulisan random dari pengalaman sehari hari

Ramadhannya Para Nakama Topi Jerami


Marhaban ya Ramadhan, gimana nih hari pertama menjalankan ibadah puasa, pastinya semangat donk, jangan mau kalah sama krunya luffy, ternyata mereka juga berpuasa :D

“Bulan Suci Ramadhan”


Dunia Baru.

Sunny-Go.
Tak seperti biasanya suasana di kapal begitu hening & sepi dari keributan.Mungkin karena hari ini adalah bulan suci ramadhan jadi para nakama Topi Jerami lebih suka bermalas-malasan.Seperti halnya Zoro yang sedang tidur di tempat pengintaian atas.
Zoro : “Groook…”
Suara dengkuran zoro.
Sementara nona cantik robin sedang asyik membaca buku di tempat perpustakaan kapal.
Robin : “fufufu…”
Tawa robin.
Sedangkan nami sedang asyik berendam di kamar mandi sambil meniup-niup gelembung busa.
Nami : “fuuuh…”
Usoop Gallery.
Terlihat Usopp sedang merakit sesuatu.
Ruang Dokter.
Sementara chopper sedang meramu obat-obatan.
Dapur.
Sanji tengah menyiapkan bahan-bahan untuk di masak nanti.
Sanji : “Sepertinya cumi saus tiram cocok untuk menu kali ini.”
Seru sanji sambil memilih-milih bahan makanan.
Ruang Soldier Dock.
Brook : “Anda sedang membuat apa,Franky?”
Tanya brook kepada franky.
Franky : “Pastinya zupeeerr…!!!”
Sementara di luar tengah terlihat luffy sedang memancing ikan.
Luffy : “Huuuft…Lama sekali saat berbuka!!Aku lapaaarr…”
Gumam luffy.
Tiba-tiba keluar chopper.
Chopper : “Kau sedang apa,luffy?”
Tanya Chopper.
Luffy : “Dari pada bosan,lebih baik aku mancing ikan saja!!”
Jawab luffy lemas.
Chopper : “Boleh aku ikut,luffy?”
Seru chopper.
Luffy : “Yaaah…”
Jawab luffy lemas.
Franky : “Kau lemas sekali,luffy?”
Seru franky ikut nimbrung.
Luffy : “Aku lapar…!!”
Kata luffy dengan wajah lemas.
Franky : “Ya,kau tahan saja,luffy.Sebentar lagi kan jam berbuka puasa tiba!!”
Jawab Franky.
Usopp : “Aku saja kuat,luffy.Masa kau tidak kuat!!”
Sahut Usopp ikut nimbrung pembicaraan mereka.
Chopper : “Usopp,aku mau Tanya?”
Kata chopper.
Usopp : “Kau mau Tanya apa,chopper?”
Seru usopp.
Chopper : “Aku mau Tanya,apa saja sih yang membatalkan berpuasa itu???”
Tanya chopper kepada usopp.
Usopp : “Ada macam-macam yang membatalkan puasa,seperti…”
Semua pun ikut mendengarkan.
Usopp : 1. Makan, minum atau menghisap sesuatu dengan sengaja, baik yang bermanfaat atau yang berbahaya seperti rokok. JIka tidak sengaja karena lupa maka tidak batal, asalkan begitu teringat sedang berpuasa harus menghentikan makannya. Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa lupa bahwa ia puasa, kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah disempurnakan puasanya; sesungguhnya Allah yang mmeberi makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim).
2. Melakukan jima’ (hubungan intim suami istri) pada siang hari di bulan Ramadhan padahal ia sedang berpuasa. Bagi yang melanggarnya, wajib membayar kifarat (denda) sesuai dengan kemampuannya. Boleh memilih salah satu dari tiga macam denda: memerdekan seoran budak; mengerjakan puasa selama dua bulan berturut-turut; atau memberi makan 60 orang fakir miskin dengan ¾ liter per orang.
3. Mengeluarkan air mani dengan cara onani atau masturbasi, mencium, memeluk, merangkul, menghayal dan lain-lainnya, serta memandang segala sesuatu yang dapat menggugah nafsu syahwat. Sabda Rasulullah saw: “Sekilas pandangan mata kadang-kadang merupakan sebuah anak panah yang berbisa di antara panah-panah iblis yang terkutuk. Maka barangsiapa menahan diri daripada pandangan seperti itu, karena rasa takutnya kepada Allah, maka Allah swt akan melimpahkan kepadanya manisnya iman dalam hatinya.” (HR. Al Hakim).
4. Keluar darah haidh dan nifas, maka wajib mengganti puasanya pada hari yang lain. Dari Aisyah ra: “Kami disuruh oleh Rasulullah saw mengganti puasa, dan tidak disuruhya mengganti sholat.” (HR. Bukhari)
5. Mengeluarkan darah dengan jalan hijamah (membekam) atau yang serupa. Sedang keluar darah dengan sendirinya atau karena mencabut gigi dan yang semisalnya, tidak membatalkan puasa, karena hal tersebut tidak termasuk dalam pengertian hijamah.
6. Muntah disengaja, tetapi jika muntah tanpa disengaja atau dibuat-buat, maka tidak batal puasanya. Sabda Rasulullah saw: “Barangsiapa terpaksa muntah, tidaklah wajib mengganti puasanya, dan barangsiapa yang mengusahakan muntah, maka hendaklah ia mengganti puasanya (pada hari yang lain).” (HR. Abu Daud, Tirmidzi).
Luffy : “Oh jadi begitu,lalu apa manfaat berpuasa bagi tubuh kita???”
Tanya luffy kepada usopp.
Usopp : “Manfaat berpuasa bagi tubuh kita.”
1. Puasa membantu menghilangkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Oleh karena itu, puasa sering dijadikan sebagai metode untuk detoksifikasi tubuh secara alami. Hal ini karena, kondisi lambung yang kosong saat puasa akan bekerja lebih optimal saat berbuka. Ketika lambung kosong, penyerapan nutrisi akan berjalan lebih efektif sehingga mengurangi risiko penimbunan sisa makanan atau nutrisi yang tidak berhasil terserap sempurna oleh tubuh. Sehingga tubuh pun tidak lagi menyimpan tumpukan sisa makanan yang bisa membusuk.
2. Dengan berpuasa, memberi waktu bagi tubuh dan sistem pencernaan untuk beristirahat. Dengan begitu, organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung serta usus bisa bekerja lebih baik dan maksimal ketika Anda mulai mengonsumsi makanan lagi.
3. Puasa juga membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan, adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.
4. Puasa bisa mengatasi tekanan darah tinggi tanpa pengobatan medis. Selain itu juga menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.
5. Pengurangan konsumsi air selama puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses 'pengeringan' ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.
6. Meskipun tidak terlalu signifikan, puasa juga bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan berlebih. Dengan berpuasa, otomatis kita akan menahan keinginan untuk ngemil dan frekuensi makan juga berkurang. Tapi ingat, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.
Luffy : “Jadi begitu,wah aku jadi tahu…!!Kau memang hebat,usopp.”
Seru luffy.
Usopp : “Hehehehe…”
Ketawa usopp.
Chopper : “Lalu,sebaiknya kegiatan apa saja yang kita lakukan selama berpuasa???”
Tanya Chopper lagi kepada usopp.
Usopp : “Banyak caranya,contohnya seperti ini…”
1. Atur Ulang Rumah atau Kamarmu
Bagi yang sudah memiliki rumah sendiri kamu bisa mengatur ulang rumahmu saat berpuasa, misalnya kamu bisa menambahkan rak buku unik di sudut ruang keluarga atau tanaman dengan wadah cantik. Buat yang belum punya rumah sendiri kamu bisa percantik kamarmu misalnya dengan mengganti wall cover, tirai atau mengecat ulang kamarmu
2. Berkebun atau Merawat Taman
Kamu punya sudut taman tak terawat di rumah, coba deh perhatikan, jika selama ini orang tuamu nggak sempat maka selama puasa dan liburan ini kamu bisa mulai menatanya. Taman yang cantik akan menyegarkan pandangan mata
3. Nonton DVD Ilmu Pengetahuan yang belum sempat kamu tonton
Jika selama ini ada beberapa DVD yang belum sempat kamu tonton, maka saatnya nih libur kamu menontonnya tetapi ingat ya jangan sampai dari pagi sampai sore tuh nontonnya. Utamakan menonton DVD mengenai ilmu pengetahuan
4. Mengkhatamkan Alquran
Nah saat puasa memang saatnya untuk memperbanyak ibadah, kali ini kamu bisa mengkhatamkan alquran jika selama ini belum sempat
5. Belajar Memasak
Mumpung libur dan nggak ada kegiatan apa-apa nih mendingan kita coba belajar memasak yuk. Kamu bisa lihat resepnya di makanplus kan. Hasilnya bisa dimakan saat berbuka tuh
6. Membaca Buku
Punya buku-buku tebal dan belum sempat dibaca, nah saat yang tepat nih untuk membacanya, tetapi baca jangan sambil tiduran ya, nanti kepalamu jadi tambah pusing
7. Jalan-Jalan ke Museum
Boleh juga jalan-jalan saat berpuasa, kamu bisa pergi ke museum melihat hal-hal yang selama ini kamu belum ketahui. Museum air tawar di taman mini juga asyik tuh
8. Olahraga Ringan
Kamu bisa lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar seperti jogging atau olahraga ringan lainnya.

Chopper : “Wah,kau pintar usopp.”
Sanjung chopper kepada usopp.
Usopp : “Yah aku tau karena aku dulu sering ikut pengajian.”
Jawab usopp.
Chopper : “Satu pertanyaan lagi,usopp.Katanya kalau bulan suci ramadhan tiba,setan-setan di belenggu kan?!”
Kata chopper kepada usopp.
Usopp : “Yah kau benar,choppa.”
Jawab usopp membenarkan.
Chopper : “Lalu kenapa brook masih ada di dunia ini?!”
Tanya chopper heran.
Usopp lalu diam sejenak untuk berfikir.Namun tiba-tiba brook ikut nimbrung.
Brook : “Karena aku belum mati sepenuhnya…Yohohoho…”
Sahut brook tertawa lebar.
Usopp : “Aaaakh…Itu bisa-bisanya kau saja,brook!!”
Gumam usopp.
Tiba-tiba sirine berbuka puasa terdengar & terdengarlah suara adzan magrib berkumandang lewat speker den-den mushi.
Sanji : “Woy,saatnya berbuka puasa!!”
Teriak sanji dari dek atas.
Luffy : “Whuaaa…Akhirnya…!!”
Teriak luffy langsung semangat & beranjak masuk kedalam bersama-sama yang lainnya.
Sementara di tempat pengintain atas tempat zoro berada.
Zoro : “Groook….zzzzz…”

*Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini.


Sumber : https://www.facebook.com/pages/Komik-One-Piece-Bahasa-Indonesia..



0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...